RUANG LINGKUP MATA PELAJARAN PAI DAN BAHASA ARAB MADRASAH IBTIDAIYAH (MI)-Keputusan Dirjen Pendis No. 183 Tahun 2019

 

1. Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadits

Tujuan:

  1. Memberikan kemampuan dasar membaca, menulis, membiasakan, dan menggemari membaca Al-Qur'an dan Hadis.

  2. Memberikan pengertian, pemahaman, penghayatan isi kandungan ayat Al-Qur'an-Hadis.

  3. Membina dan membimbing perilaku peserta didik dengan berpedoman pada isi kandungan ayat Al-Qur'an dan Hadis.

Ruang Lingkup:

  1. Pengetahuan dasar membaca dan menulis Al-Qur'an sesuai kaidah ilmu tajwid: huruf hija'iyah, hukum bacaan (ghunnah, Al Qamariyah, Al Syamsiyah, Qalqalah, Mad Thabi'i, idhhar, ikhfa', idgham, iqlab, mim mati/sukun, waqaf-washal, tafkhim, tarqiq, jawazul wajhain).

  2. Hafalan surah pendek dan pemahaman arti serta pengamalannya: Al-Fatihah, An-Nas, Al-Falaq, Al-Ikhlas, Al-Lahab, An-Nashr, Al-Kafirun, Al-Kautsar, Al-Ma'un, Al-Quraisy, Al-Fiil, Al-Humazah, Al-Ashr, At-Takatsur, Al-Qari'ah, Al-'Adiyat, Az-Zalzalah, Al-Bayyinah, Al-Qadr, Al-'Alaq, At-Tin, Al-Insyirah, Ad-Dhuha.

  3. Pemahaman dan pengamalan hadis tentang kebersihan, keutamaan belajar Al-Qur'an, hormat orang tua, shalat berjamaah, persaudaraan, takwa, niat, silaturrahim, menyayangi anak yatim, ciri orang munafik, keutamaan memberi, dan amal saleh.

2. Mata Pelajaran Akidah Akhlak

Tujuan:

  1. Menumbuhkembangkan akidah dan ketakwaan kepada Allah SWT.

  2. Mewujudkan manusia Indonesia yang berakhlak mulia dan menghindari akhlak tercela.

Ruang Lingkup:

  1. Aspek Akidah (Keimanan):

    • Meyakini rukun iman, sifat wajib Allah, nama-nama malaikat dan tugasnya, surga-neraka, kitab-kitab Allah, nabi dan rasul, hari akhir, alam barzah, qada dan qadar.

    • Pembiasaan kalimat tayyibah: syahadat, basmalah, hamdalah, ta'awwudz, Subhanallah, Masya Allah, Allahu Akbar, Assalamu'alaikum, hauqalah, tarji', istighfar, tahili.

    • Iman kepada Allah melalui Asmaul Husna: Ar-Rahman, Ar-Rahim, Al-Hafizh, Al-Waliy, Al-Alim, Al-Khabir, Ar-Razzaq, Al-Wahhab, Al-Kabir, Al-'Adhim, Al-Malik, Al-Aziz, Al-Quddus, As-Salam, Al-Mu'min, Al-Qawiyy, Al-Qayyum, Al-Muhyi, Al-Mumit, Al-Ba'its, Al-Ghaffar, Al-'Afuww, Al-Wahid, Al-Ahad, Ash-Shamad.

  2. Aspek Akhlak:

    • Membiasakan akhlak terpuji: hidup sehat dan bersih, hormat, kasih sayang, sopan santun, jujur, rendah hati, menghargai teman, gemar membaca, rajin, bersyukur, taat, pantang menyerah, pemberani, tolong-menolong, amanah, disiplin, mandiri, pemaaf, tanggung jawab, adil, bijaksana, baik terhadap binatang dan tumbuhan.

    • Menghindari akhlak tercela: egois, kasar, bohong, pemarah, fasik, munafik, pilih kasih.

    • Adab: ke kamar mandi, mandi, berpakaian, belajar, bersin, menguap, makan-minum, terhadap tetangga, lingkungan, berteman, bertamu.

  3. Aspek Kisah Teladan:

    • Meneladani akhlak Nabi Muhammad SAW, Nabi Nuh AS, Nabi Musa AS, Nabi Ismail AS.

    • Keteladanan dari kisah Bilal bin Rabah, Nabi Ibrahim AS, Nabi Ayyub AS.

    • Menjauhi sikap durhaka (Kisah Kan'an), kikir dan kufur nikmat (Kisah Tsa'labah), serakah dan kikir (Kisah Qarun).

3. Mata Pelajaran Fikih

Tujuan:

  1. Memahami cara pelaksanaan hukum Islam (ibadah & muamalah) sebagai pedoman hidup.

  2. Melaksanakan ketentuan hukum Islam dengan benar dan baik.

Ruang Lingkup:

  1. Fikih Ibadah: Thaharah (menyucikan najis, istinja', wudhu, tayammum), shalat (adzan, iqamah, fardhu, berjamaah, zikir & doa setelah shalat, sunnah rawatib, jama' & qashar, shalat orang sakit/musafir), puasa (Ramadhan, sunnah), shalat Tarawih & Witir, khitan, tanda baligh, mandi wajib (haid, ihtilam), shalat Jum'at, Dhuha, Tahajjud, Idain, zakat fitrah, infak, sedekah, kurban, haji dan umrah.

  2. Fikih Muamalah: Makanan, minuman, binatang halal & haram, jual-beli, pinjam-meminjam, ghashab, barang temuan (luqathah).

4. Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam

Tujuan:

  1. Membangun kesadaran pentingnya mempelajari landasan ajaran, nilai, dan norma Islam.

  2. Membangun kesadaran pentingnya waktu dan tempat sebagai proses sejarah.

  3. Melatih daya kritis memahami fakta sejarah berdasarkan pendekatan ilmiah.

  4. Menumbuhkan apresiasi terhadap peninggalan sejarah Islam.

  5. Mengembangkan kemampuan mengambil ibrah dari peristiwa sejarah.

Ruang Lingkup:

  1. Sejarah masyarakat Arab pra-Islam, sejarah Nabi Muhammad SAW (kelahiran hingga dewasa).

  2. Kerasulan, ketabahan Nabi Muhammad SAW dan para sahabat dalam berdakwah, ciri kepribadian Nabi, hijrah ke Habasyah, hijrah ke Thaif, Isra' Mi'raj, masyarakat Yatsrib sebelum hijrah, hijrah ke Yatsrib, pembinaan masyarakat Madinah, kesepakatan dengan nonmuslim, Fathu Makkah, akhir hayat Rasulullah SAW.

  3. Peristiwa masa Khulafaurrasyidin (Abu Bakar Ash-Shiddiq, Umar bin Khattab, Usman bin Affan, Ali bin Abi Thalib).

  4. Sejarah perjuangan Walisongo (biografi Sunan Maulana Malik Ibrahim, Sunan Ampel, Sunan Giri, Sunan Bonang, Sunan Drajat, Sunan Kalijaga, Sunan Muria, Sunan Kudus, Sunan Gunung Jati).

5. Mata Pelajaran Bahasa Arab

Tujuan:

  1. Mengembangkan kemampuan berkomunikasi (menyimak, berbicara, membaca, menulis).

  2. Menumbuhkan kesadaran pentingnya bahasa Arab sebagai alat kajian Islam dan komunikasi internasional.

  3. Mengembangkan pemahaman keterkaitan bahasa dan budaya.

Ruang Lingkup:

  • Tema: Perkenalan, peralatan madrasah, pekerjaan, alamat, keluarga, anggota badan, di rumah, di kebun, di madrasah, di laboratorium, di perpustakaan, di kantin, jam, kegiatan sehari-hari, pekerjaan, rumah, rekreasi.

  • Fungsi Komunikatif: Memberi dan menjawab salam, menanyakan nama dan kabar, informasi diri & keluarga, nomor rumah, nama buah, presensi, instruksi harian, alat transportasi, deskripsi pemandangan, olahraga favorit, nama tanaman, alamat, profesi, ungkapan harapan, struktur keluarga, aktivitas di rumah, ekspresi cinta agama, aktivitas di lab & perpustakaan, menu kantin, informasi waktu, ekspresi cinta bahasa Arab, perintah, aktivitas hari libur, suasana tempat rekreasi.

Posting Komentar